Apa itu Virus TORCH???

torch-bunda husada

Toxoplasma-torchMungkin banyak sekali diantara kita yang kurang tahu apa itu “ TORCH” dalam artike ini kami akan jelaskan apa itu TORCH dan bagaimana  TORCH itu. TORCH  adalah singkatan dari Toxoplasma gondii (Toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) yang terdiri dari HSV1 dan HSV2 serta kemungkinan oleh virus lain yang dampak klinisnya lebih terbatas (Misalnya Measles, Varicella, Echovirus, Mumps, virus Vaccinia, virus Polio, dan virus Coxsackie-B). Berbagai jenis virus ini hidup dan berparasit di sekitar kita dan sering kali kita tidak menyadarinya sehingga penyakit penyakit yang kita hadapi sehari hari dalam lingkungan kita itu disebabkan terjangkitnya seseorang diantar lingkungan kita yang mengidap atau terjangkit virus ini.

Penyebaran TORCH pada umumnya disebabkan oleh berbagai macam binatang yang hidup diantara lingkungan kita seperti ayam, kucing, burung, tikus, merpati, kambing, sapi, anjing, babi dan lainnya. Walaupun bukan penyebab utama terjangkitnya virus ini namun dapat di pastikan bahwa pembawa virus ini adalah hewan – hewan tersebut. Kenapa bisa terjangkit dalam tubuh manusia karena interaksi dari hewan hewan tersebut di lingkungan hidup kita dan juga makankan yang kita makan sehari hari seperti sayuran yang tidak higenis, memakan daging yang kurang matang dalam memasaknya dan lain sebagainya.

Bagaiman “TORCH” itu?

Sering sekali kita temukan dalam masyarakat seorang ibu yang mengalami keguguran, hamil anggur, bayi mati dalam kandungan yang usianya sudah 6 – 7 bulan. Dan juga kejadian yang banyak muncul adalah ibu hamil yang mengalami flek merah selama kehamilanya sehingga bayi yang di kandungnya tidak bisa berkembang secara sehat dan normal. Kejadian – kejadian itulah yang  disebabkan oleh seseorang tersebut terjangkit virus Toxo( salah satu virus dalam TORCH ). Yang pada awalnya tidak kelihatan akan gejala terjangkit virus ini karena pengidap virus ini akan kelihatan sehat sebagaimana orang sehat pada umumnya. Dalam dunia medis Toxo ini sering disebut dengan virus kucing disebut sebagai virus kucing karena penyebaran virus ini telah di teliti bahwa penybabnya adalah kotoran kucing. Walaupun sebenarnya virus ini bukanlah virus kucing yang melainkan parasit darah ynag ada dalam darah binatang.

Akan tetapi sebenarnya Toxo bukanlah virus menular melainkan keturunan yang disebabkan oleh terinfeksinya sesorang dengan virus Toxo ini. Dan biasanya anak – anaka yang lahir dari pasangan yang terinfeksi virus ini akan lahir cacat atau juga bisa epillepsi atau autisme. Walaupun anak anak sebelumnya tidak terindikasi secara fisik terjangkit virus ini namun jika di lakukan tindakan medis uji laboratorium maka dalam tubuh anak tersebut akan di temukan virus ini yang akan bisa juga menurun pada keturunany setelah dewasa nanti.

Selain Toxo dalam TORCH juga ada virus Rubella yang dalam kehidupan lingkungan kita virus ini dapat kita kenali dengan kebanyakan kejadian kejadian yang ada seperti banyaknya ibu hamil ynag mengalami keguguran atau bayinya meninggal saat kelahiran . dan juga yang paling sering terjadin adalah bayi – bayi yang lahir dalam keadaan difabel ( cacat, Bisu, Tuli ), bibirnya sumbing, mengalami pengapuran otak atau kerusakan pada otaknya. Bayi yang lahir dan menderita kebutaan atau mengidap penyakit glukoma dalam matanya juga  sering di sebabkan oleh virus ini. Virus rubella ini dalam dunia medis juga sering disebut sebagai campak jerman.

Selain itu juga masih ada lagi virus dalam TORCH yaitu CMV dalam lingkungan kita virus ini dapat kita temukan di saat kita melihat orang di sekitar kita ynag mengalami keguguran berkali – kali, melahirkan bayi difable, melahirkan bayi yang mengidap hidrisefalus, perut transparan, usus keluar dan lain sebagainya. Berbagai macam kejanggalamn yang terjadi dari bayi – bayi yang di lahirkan oleh ibu – ibu di sekitar itulah yhnag salah satu penyebabnya adalah virus CVM yang termasuk dalam TORCH juga. Herrpes juga saalah satu virus yang termasuk dalam TORCH, seperti yang biasa kita kenal virus ini menyerang kulit, mata, dan organ lain dalam tubuh kita ynagt penyebaran atau penularanya bisa melalui hubungan badan ( sexs ), keringat, ludah dan lain sebagainya lebih parahnya penyakit ini akan menurun kepada keturunan kita yang akan mengalami kecacatan atau juga bisa mengidap kelainan otak.

Dan juga penting untuk kita ketahui bahwa torch tidak hanya di idap oleh ibu – ibu hamil saja melainkan pasanganyapun bisa juga mterinfeksi dengan virus ini. Perlu di ketahui dalam virus virus TORCH selain Toxo semuanya merupakan virus yang mampu menular kepada siapa saja dengan penyebarannya melalui sebagaimana kami sebutkan di atas.